Visi dan Misi CENDEKIA Kids & Junior Science Center

Pada dasarnya pendidikan mengajarkan kita untuk membaca fenomena alam, dan memahaminya menjadi pelajaran hidup. Membaca fenomena alam ini pada hakekatnya adalah… mempelajari sains. Namun pada saat ini sain diartikan sangat sempit seperti IPA dan matematika, sehingga pemahamannya umumnya adalah pemahaman di wilayah Kognitif saja dan kurang maknawi.

Pandangan Kompleksitas fenomena alam semacam ini harus dipahami sebagai keterbatasan manusia. Penyadaran pandangan akan keterbatasan dirinya melalui proses penalaran yang runut, akurat dan sangkil, adalah cara pandang yang cerdas, yaitu menyadari dirinya tidak pernah paripurna memahami fenomena alam tersebut, sehingga dia memerlukan petunjuk dari yang mahaparinurna untuk memamahaminya, dengan demikian akan ditemukan sebuah makna kebenaran abadi nan paripurna.

Pemahaman-pemahaman akibat perkembangan sain agar tidak berdampak negatif dalam merubah manusia, haruslah diterapkan sejak dini, agar di masa yang akan datang lahir insan-insan yang cerdas dan bermoral untuk membangun bangsanya.

Penyiapan insan-insan muda untuk mampu bersaing dan dapat mengantisipasi perubahan-perubahan tersebut tidak mudah. Sains adalah topik yang sangat tepat dan relatif mudah untuk memahamkan para insan-insan muda dalam rangka memahami fenomena alam, sain bekerja di wilayah yang sangat empirik, mudah diamati fenomenanya, tetapi kalau kita memahami secara dalam dan maknawi maka seseorang dengan mudah akan mempercayai adanya proses penciptaan alam. Sehingga dapat relatif mudah percaya  adanya “Sang Pencipta”, dari kepercayaannya tersebut akan menghasilkan perilaku dan moral yang didasari oleh keyakinannya dan petunjuk dari “Sang Pencipta”.

Malang sebagai kota tujuan pendidikan yang terbesar di Jawa Timur, merupakan tempat yang Ideal untuk mendidikan insan-insan muda yang mempunyai interest untuk memahami sain secara intensif. Sehingga perlu didirikan suatu pusat sain (Science center) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak dan remaja baik melalui program intrakurikuler, ekstrakurikuler, diluar sekolah, maupun pendirian kelompok-kelompok sain.

VISI

Insan-insan cendekia muda yang cerdas dan sadar bahwa fenomena alam (sains) merupakan ciptakan paripurna Sang Pencipta, sehingga menyadari dan selalu berpihak untuk mengabdikan diri kepadaNya.

MISI

  1. Mendidik insan-insan muda Indonesia menjadi insan cendekia muda  yang cerdas dan sadar bahwa bahwa fenomena alam (sains) merupakan sumber pengetahuan yang dapat dijadikan landasan perilaku dan pola pikir yang paripurna.
  2. Mendidik insan-insan cendekia muda Indonesia untuk trampil memahami dan berkompeten pada sain sehingga mampu mengembangkan konsep dan ide-ide baru yang genuine dari dirinya sendiri, sehingga mempunyai jati diri dan daya saing untuk menatap masa depannya.
  3. Menyiapkan insan-insan cendekia muda Indonesia yang mampu berpikir obyektif substansial dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
  4. Menyiapkan insan-insan cendekia muda yang mengabdi dan berpihak kepada kebenaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: