Salam Pak Sas: Cendekia, Suatu Jalan Keluar

Cendekia, suatu lembaga pembelajaran sains yang mengembangkan karakter positif pada anak didiknya, didirikan oleh bapak Muhammad Sasmito Djati atas keprihatinannya pada kondisi generasi muda Indonesia sekarang yang dididik terlalu menghafal dan kurang sistematis sehingga dibutuhkan suatu jalan keluar. Jalan keluar ini adalah dengan mengubah sistem pendidikan Indonesia melalui metode pembelajaran agar berpikirnya tidak pragmatis kini diterapkan di Cendekia.

Menurut Pak Sasmito, orientasi sekolah di Indonesia sekarang adalah mengejar nilai yang tinggi agar dapat lulus (nilai UN), sehingga yang diutamakan adalah kelulusannya dari sekolah bukan pemahaman terhadap suatu ilmu pengetahuan terutama pada sains. Padahal sesungguhnya sains mengajarkan suatu pemahaman dari fenomena alam yang ujungnya mengarah pada kebenaran yang hakiki yaitu kebenaran yang berasal dari Tuhan.

Metode pembelajaran yang diterapkan di Cendekia ditujukan untuk mengembangkan iklim belajar yang menyenangkan, serta mengembangkan potensi anak yang didasarkan pada kenyataan bahwa anak memiliki multiple intelligent yang artinya seorang anak memiliki intelektual yang banyak tidak hanya terdiri dari indra numerik dan linguistik. Hal inilah yang sering luput dari para pendidik kita di Indonesia. Dengan metode pembelajaran tersebut harapannya Cendekia dapat berkembang menjadi lembaga yang besar sehingga generasi muda Indonesia akan lebih paham terhadap suatu makna kebenaran. Dengan begitu Indonesia dapat menjadi bangsa yang besar karena generasi mudanya yang berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: