Liputan Cendekia: Cendekia for Kindergarten

Cendekia for education merupakan istilah yang tepat untuk diberikan pada kegiatan pelatihan guru taman kanak-kanak (TK) yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2011. Pelatihan guru TK ini… diadakan di SD IT Ahmad Yani dan dihadiri oleh 18 guru TK yang berasal dari beberapa TK yang tersebar di Malang. Acara ini diawali dengan sambutan pembukaan oleh Dr E.M Sangaji Mpd (Kepala Sekolah SD IT Ahmad Yani), dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dr.Ir. Muhammad Sasmito Djati., MS (Direktur Cendekia dan dosen jurusan Biologi di Universitas Brawijaya Malang) dan Ir. Ninik Ulfah (general manager Cendekia).


Dalam materi yang bertema “Pendidikan Sains yang Bermakna”, pak Sasmito menjelaskan bagaimana sains merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mengarah pada kebenaran (kebenaran hakiki yang berasal dari Tuhan) melalui pengamatan fenomena alam. Sains yang adalah dasar dari ilmu terapan lainnya sangat berperan dalam setiap aspek kehidupan manusia, sehingga para pendidik harus dapat mengajarkan sains dengan metode pembelajaran yang menyenangkan (dari usia dini) namun tetap dapat dipahami dengan mudah. Dengan metode pembelajaran tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat anak-anak untuk mendalami sains serta dapat mengembangkan potensi anak yang beranekaragam.

Sementara itu, materi kedua yang diberikan oleh ibu Ninik diawali dengan sing along a song (menyanyikan lagu bersama) yang berjudul “Head Shoulder Knees and Toes”, “Hitung-Hitung Boso Jowo” dan “Rainbow”, mengingat peserta pelatihan adalah para guru TK yang ‘mengajar’ melalui lagu. Setelah lancar menyanyikan lagu, ibu Ninik memberikan materi yang bertajuk “Penerapan Sains untuk Usia Dini” melalui 4 eksperimen sains. Eksperimen sains tersebut diantaranya adalah Biji Saga Menari, Mengapa Menggunakan Sabun, Tarikan Ajaib, dan Gerobak Dorong. Tampak pada wajah para guru TK antusiasme dan  keceriaan dalam memainkan eksperimen sains yang menyenangkan tetapi tetap mengandung pemahaman sains yang merupakan inti dari metode pembelajaran yang diterapkan di Cendekia Kids and Junior Science Centre.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: