Eksperimen Sains:Telur Berputar

Kawan Cendekia, ada eksperimen sederhana tapi menarik ne.

Ayoo kita coba dirumah..

Kamu dapat melakukan percobaan seru ini sendiri di rumah kawan-kawan. Dengan percobaan ini, kamu bisa membedakan telur mentah dan telur rebus, walaupun keduanya terlihat sama persis, pastinya tanpa memecahkannya ya. Kamu juga bisa membuat ini terlihat sebagai atraksi sulap ke kedua orang tua, keluarga atau teman-temanmu lho,. Ayo kita coba,.

Yang kawan-kawan butuhkan yaitu:

  • Dua butir telur, satu direbus dan satu telur mentah. Pastikan telur rebus telah di lemari es cukup lama sehingga suhunya sama dengan telur mentah.

Yang perlu kawan-kawan perlu lakukan yaitu:

  • Putarlah kedua telur tersebut dan lihatlah apa yang terjadi, satu telur berputar secara teratur sementara telur lainnya berputar sambil terus bergoyang-goyang.
  • Kamu juga dapat  menyentuh dengan perlahan setiap telur pada saat mereka berputar, telur yang satu berhenti dengan cepat sementara telur yang lain terus bergerak setelah kamu menyentuhnya.

Apa kata Sains?

Telur mentah memiliki pusat yang berpengaruh terhadap perubahan gravitasi,yaitu pada bagian putih dan kuning telur yang terus bergerak di dalam cangkang telur, yang menyebabkan gerakan bergoyang-goyang. Pada telur mentah ini, walupun anda telah menyentuhnya saat ia berputar, telur tersebut akan terus bergerak. Hal ini karena adanya momen inersia yang menyebabkan telur mentah terus berputar karena adanya gaya balikan dari putih dan kuning telur di dalamnya bahkan setelah kamu menyentuhnya.

Hal ini jauh berbeda dengan bagian putih dan kuning telur rebus yang telar mengeras. Telur rebus akan meresponnya lebih cepat jika kamu menyentuhnya sehingga telur akan langsung berhenti setelah disentuh.

Selamat Mencoba Kawaan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: