Liputan Cendekia : Science Day di SD Brawijaya Smart School Malang

Pada tanggal 26 Mei 2012 kemarin, Cendekia telah berhasil melangsungkan Science Day di SD Brawijaya Smart School. Science Day ini adalah acara pengenalan eksperimen sains kepada siswa-siswi SD Brawijaya Smart School. Rangkaian acaranya adalah eksperimen bersama dengan kakak-kakak fasilitator yang sangat seru dan menarik.

Eksperimen yang pertama atau eksperimen perkenalan adalah  Botol Pemakan, dimana pada permainan ini terdapat suatu botol plastik kecil yang diisi dengan larutan aseton. Selanjutnya sebuah stereoform panjang dimasukkin ke dalam botol dan tampak perlahan-lahan stereoform panjang tersebut akan habis layaknya dimakan oleh botol plastik kecil. Waah,,,adik-adik merasa takjub dan ingin mencobanya sendiri sehingga kakak-kakak fasilitator segera memberikan stereoform panjang ke beberapa adik-adik dan membiarkan mereka melakukannya sendiri.

Kemudian anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok dipegang oleh satu fasilitator. Setelah dibagi kelompok yang masing berjumlah kurang lebih 9 anak, lalu kakak fasilitator mengajak anak-anak bermain sains Kereta Magnet. Yaitu dengan menggunakan kereta yang terbuat dari kertas karton yang dibagian belakangnya di beri magnet dan kemudian didorong dengan sebuah kayu kecil yang di ujungnya terdapat magnet pula. Nah…dengan prinsip kutub magnet yang senama akan tolak-menolak…maka kereta akan dapat terdorong dengan kayu kecil tadi,,,,Seruu,,,anak-anak pun antusias sekali saat eksperimen ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: