Apakah ini hewan atau tumbuhan?

Pernahkan muncul dalam benak anda pertanyaan “apakah ini hewan atau tumbuhan?”. Pertanyaan tersebut akan muncul jika anda melihat siput unik yang satu ini, yang dapat ditemukan di rawa-rawa asin di Kanada.

Image

Siput yang telah resmi mendapatkan nama sebagai “elysia chlorotica” diketahui sebagai makhluk pertama yang tergolong “setengah hewan, setengah tumbuhan”. Siput ini tetap memiliki bentuk siput pada umumnya akan tetapi dengan tambahan “daun” layaknya sayap dipunggungnya. Elysia chlorotica diketahui dapat menghasilkan pigmen klorofil seperti tumbuhan yang diperkirakan dengan cara mengambil gen dari alga yang dimakannya  Melalui gen tersebut, makhluk unik ini dapat melalukan fotosintesis untuk menghasilkan energi.

Keunikan inilah yang telah menarik banyak peneliti untuk terus mengamati hewan laut ini. Salah satu diantaranya adalah Sydney Pierce, seorang pakar biologi dari Universitas South Florida, yang telah mempelajari Elysia Chlorotica selama 20 tahun.  Menurut penelitian yang dilakukan Pierce, siput ini merupakan hewan multiseluler pertama yang dapat menghasilkan klorofil.

Hewan ini diketahui pula dapat mengambil bagian-bagian kecil sel yang disebut kloroplas yang digunakan dalam berfotosintesis. Kloroplas berguna dalam fotosintesis dengan memanfaatkan klorofil untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi, layaknya yang terjadi pada tumbuhan. Dengan demikian, siput ini tidak perlu makan untuk mendapatkan energi. Selain itu siput ini ditemukan dapat mengintegrasikan materi genetika sedemikian rupa sehingga dapat diturunkan pada generasi berikutnya. Generasi selanjutnya dari siput ini dapat pula melakukan fotosintesis dengan klorofil yang dihasilkan sendiri, dengan syarat memakan cukup alga untuk mengumpulkan kloroplas. Hal ini dapat membuktikan bahwa DNA dari satu spesies memungkinkan untuk masuk ke spesies lainnya, meskipun secara detil mekanismenya belum diketahui.

Luar biasa bukan ciptaan Tuhan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: