Membuat Lumpur Hisap (Quicksand)

Apakah kalian tahu mengenai lumpur hisap? Kalau kamu penggemar film-film petualangan, kamu akan tahu tentang lumpur hisap. Lumpur hisap (bahasa inggrisnya: quicksand) adalah lumpur yang dimana jika kamu melangkah ke dalamnya akan menyebabkan dirimu tertarik ke dalam (tenggelam) hingga pinggang. Nah, bisa dibayang bagaimana kerennya kalau kita bisa membuat lumpur hisap itu sendiri. Ayo disimak langkah-langkah dibawah ini.

Apa yang akan kamu butuhkan:

  • 1 cangkir tepung maizena (tepung jagung)
  • 1/2 cangkir air
  • Wadah plastik besar
  • Sendok

 Apa yang harus kamu lakukan:

  1. Campurkan semua air dan tepung maizena dalam wadah plastik besar untuk membuat lumpur hisap instanmu.
  2. Ketika akan menunjukkan orang lain bagaimana prinsip kerja dari lumpur hisap, aduk perlahan dan tuang sambil titiskan sedikit demi sedikit untuk menunjukkan bentuknya yang cair.
  3. Pengadukan yang cepat akan membuatnya keras sehingga kamu dapat menyodok atau memukul lumpur hisap tersebut (ingat diaduk cepat bukan diaduk dengan keras).
  4. Jangan lupa untuk melakukan eksperimen ini diluar ruangan karena akan mengotori ruangan jika dilakukan didalam.
  5. Selalu aduk lumpur hisap instanmu sebelum digunakan. Mudah bukan?

 

Apa yang terjadi (apa kata sains)?

Jika kamu menambah volume air yang tepat ke dalam tepung maizena, lumpur hisap yang terbentuk akan menjadi lebih tebal ketika diaduk dengan cepat. Hal ini terjadi karena biji-bijian yang terdapat dalam tepung maizena tercampur dan tidak dapat saling meluncur akibat kurangnya air diantara mereka. Pengadukan secara perlahan dapat memberikan ruang lebih banyak untuk masuknya air sehingga biji-biji dalam tepung maizena tersebut dapat meluncur kebawah ketika dituang.

Jika menyodok-nyodok dengan cepat akan memberikan hasil yang sama terhadap lumpur hisap tersebut, yaitu membuatnya menjadi lebih keras. Jika disodok dengan pelan, lumpur hisap tidak bercampur dengan cara yang sama membuatnya lebih basah (runny). Prinsip kerja ini sama dengan yang lumpur hisap yang asli!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: