Vampir ternyata hidup di dalam air laut, percaya tidak?

Siapa yang tidak kenal dengan makhluk yang bernama “vampire”? Di era serba canggih ini, semakin banyak bermunculan film dan buku yang mengisahkan makhluk khayalan yang terkenal sebagai penghisap darah dan berkeliaran di malam hari.

Tetapi tahukan anda bahwa vampir ternyata hidup di laut? Vampir yang dimaksud adalah cumi-cumi yang memiliki tubuh merah gelab, mata biru yang besar, jaringan layaknya jubah yang tersebar di “tangan”nya. Karena bentuknya yang menyerupai vampir inilah yang menyebabkan spesies tersebut mendapatkan nama “Vampyroteuthis infernalis” or “vampire squid from hell.” Misteri terus bermunculan pada spesies unik sejak pertama kali ditemukannya di laut sekitar seabad yang lalu.

Vampire squid picture

Meskipun memiliki rupa dan nama yang aneh, vampir cumi-cumi ini bukanlah makhluk penghisap darah. Spesies ini justru memakan plankton mati, alga, kotoran, kerang dan detritus lainnya. Makhluk ini mengumpulkan makanannya dengan menggunakan dua filamen yang panjang dan ber-rambut sebelum membungkus makananya ke bentuk bola berlendir. Hal ini diketahui melalui rekaman video, otopsi, pemeriksaan melalui mikroskop elektron, dan pengamatan langsung cumi-cumi vampir yang disimpan di laboratorium. Hewan ini memang memiliki organ dan sifat yang berbeda dibandingkan hewan “cephalopods” lainnya yang biasa  menangkap mangsanya hidup-hidup.

Vampire squid picture Vampire squid picture

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: